SPONSORING

Perhatian!  Blog ini bukan website resmi Yayasan Suryakanti, tetapi hanya blog yang ingin turut memperkenalkan Yayasan Suryakanti.  Anda dapat mengunjungi website resmi Yayasan Suryakanti di LINK INI.

Banyak anak memiliki masalah tambahan: KEMISKINAN.  Yayasan Suryakanti juga memiliki banyak pasien yang berasal dari keluarga kurang mampu sehingga tidak memiliki cukup dana untuk membayar biaya treatment.  Untuk anak-anak inilah Yayasan Suryakanti memerlukan bantuan Anda.  Bergabunglah dengan Program Orang Tua Asuh Yayasan Suryakanti !!!

Program Orang Tua Asuh
Untuk membantu pasien-pasien yang kurang mampu, sejak tahun 1986 para relawan mengadakan kegiatan pengumpulan dana yang dinamai Program Orang Tua Asuh atau dikenal juga dengan Program Foster Parent.

Dana yang terkumpul digunakan untuk membantu pasien-pasien kurang mampu untuk membiayai konsultasi dan terapi di Klinik PUSPPA Suryakanti, pemeriksaan laboratorium, EEG, pembelian obat-obatan penunjang terapi, dan lain-lain.

Pasien-pasien yang tergabung dalam Program Foster Parent ini rata-rata memiliki diagnosa misalnya CP (Cerebral Palsy), speech delay, autis, Mental Retardasi (MR), microcephalus, motor development delay, gangguan sensori motor, MMR, ada juga yang menderita low vision dan tuna netra, serta berbagai gangguan perkembangan lainnya.

Sedangkan pasien-pasien Program Foster Parent ini, seperti layaknya pasien-pasien Klinik Suryakanti lainnya berusia kurang lebih antara 1 tahun hingga 10 tahun.

Pekerjaan orangtuanya pun kebanyakan berasal dari sektor informal seperti buruh bangunan, tukang ojek, sopir pribadi atau sopir angkutan umum, pedagang kecil, walaupun ada juga yang bekerja di sektor formal seperti buruh pabrik, cleaning service dan lainnya tetapi mereka memiliki keterbatasan penghasilan sehingga sulit membiayai treatment anak-anak mereka.

Tidak sedikit dari pasien-pasien ini berasal dari luar kota Bandung, sehingga mereka juga harus menyiapkan anggaran lebih besar untuk ongkos transportasi mereka ke Klinik Suryakanti.

Itulah sebabnya banyak dari pasien-pasien tidak mampu ini tidak bisa menjalankan treatmentnya dengan optimal.  Mulai karena kesibukan orangtua bekerja mencari nafkah... tentunya kita tahu...bagi mereka tidak bekerja sehari saja berarti tidak ada uang untuk membeli beras untuk hari itu... hingga ketiadaan ongkos untuk perjalanan mereka ke Klinik Suryakanti.  Jadi selain mereka harus menyiapkan biaya untuk treatment mereka juga setidaknya harus memiliki biaya untuk ongkos perjalanan ke Klinik Suryakanti.  Bagi yang berasal dari luar kota Bandung selain biaya perjalanan yang memang lebih besar dibandingkan pasien yang berasal dari Kota Bandung sendiri, mereka juga harus memiliki bekal lain untuk di perjalanan seperti untuk makan.

Bagi beberapa pasien yang memerlukan obat penunjang terapi bisa menjadi masalah tersendiri.  Harga obat yang cukup tinggi terlebih obat-obatan untuk mengatasi kejang akan semakin menambah beban mereka.  Bagi pasien dengan kondisi seperti ini, obat sama pentingnya dengan terapi itu sendiri.  Penggunaan obat bagi pasien dengan kondisi seperti ini tidak bisa dihentikan, karena jika dihentikan bisa menghambat kemajuan yang dicapai melalui terapi.  Kondisi seorang anak bisa turun kembali jika pemakaian obatnya dihentikan tanpa petunjuk dokter.  tetapi jika hanya mengandalkan obatpun tidak akan memberikan hasil yang maksimal.  Kemampuan motorik, sensorik dan yang lainnya tidak akan berkembang jika hanya mengandalkan obat.  Oleh karena itu, bagi beberapa pasien ...terapi dan obat sama pentingnya dan harus dijalankan secara bersamaan.

Beberapa pasien juga memiliki masalah lain yang bisa menghambat proses terapinya.  Beberapa orang pasien memerlukan alat bantu mulai dari kacamata, sepatu koreksi, alat bantu dengar hingga kursi roda.  Kita pun tahu... harga alat-alat ini tidaklah murah...terlebih bagi mereka yang memiliki keterbatasan ekonomi.  Tetapi alat bantu ini diperlukan untuk mengoptimalkan proses terapi yang dilaksanakan di Klinik Suryakanti.

Beberapa anak bahkan memiliki masalah lain yang bersumber dari lingkungan atau keluarga sendiri.  Ketidakmengertian  masyarakat sekitar rumah anak tentang kondisi anak yang acapkali masih melihatnya sebagai penyakit menular, membahayakan, penyakit keturunan yang tidak boleh didekati, termasuk anggapan bahwa kondisi anak seperti itu adalah karena perbuatan dosa yang pernah dilakukan oleh orangtuanya, termasuk anggapan bahwa kondisi itu adalah kutukan bisa sangat mengganggu proses pertolongan yang diberikan kepada anak juga bisa memberikan beban mental tambahan bagi orangtuanya.  Beberapa anak bahkan kurang mendapatkan dukungan, perhatian dan kasih sayang orangtuanya... kalau tidak bisa dikatakan terlantar....   bahkan ada yang mengalami kekerasan.  Padahal dukungan, perhatian dan kasih sayang orangtua dan anggota keluarga lain merupakan obat tambahan yang bisa membantu anak berkembang.  Jika orangtuanya tidak bisa memberikan dukungan, perhatian dan kasih sayang...sekali lagi...jika tidak ingin dikatakan menelantarkan...siapa yang akan membantu anak-anak ini...???

Dengan datang ke Klinik Suryakanti para orangtua memiliki harapan besar agar kondisi anak-anak mereka setidaknya ada sedikit perubahan walaupun tidak bisa disamakan dengan anak-anak yang lain.  Mereka sangat berharap dengan datang ke Klinik Suryakanti anak-anak mereka akan mendapatkan pertolongan sehingga perkembangan anak-anak mereka akan bergerak ke arah yang lebih baik.    

Untuk merekalah bantuan dari Anda akan sangat berarti.

KEPEDULIAN ANDA SANGAT MEREKA NANTIKAN.  Kontribusi Anda dapat membantu meringankan beban mereka.

Program Orang Tua Asuh tidak mengikat, Anda dapat membantu seseorang atau beberapa pasien secara rutin atau insidentil.

Hubungi:
Program Orang Tua Asuh
Yayasan Suryakanti Bandung
Jl. Ters. Cimuncang no. 9 Bandung - 40125
Phone: +62-22-7232369
Mobile:  +62811222152
Fax: +62-22-7232368
e-mail: ysk@bdg.centrin.net.id

Jika Anda ingin memberikan donasi untuk anak-anak ini Anda dapat mengirimkannya ke rekening di LINK INI.  Berapa pun donasi yang Anda kirim akan sangat berarti untuk mereka.
Jika Anda ingin bergabung menjadi donatur tetap Program Foster Parent Anda bisa download Formulir Pendaftarannya DISINI.
Untuk melihat profile dan alamat Yayasan Suryakanti Anda bisa klik DISINI.
Untuk melihat peta lokasi Yayasan Suryakanti Anda bisa klik DISINI.
Untuk melihat pelayanan Klinik PUSPPA Suryakanti Anda bisa klik DISINI.
Bergabunglah dengan Grup Suryakanti Foundation di Facebook.


Suka dengan artikel ini?  Boleh vote dengan mengklik icon berikut....





No comments:

Post a Comment

Ooh...come on...give me your comment...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...