SURYAKANTI FOUNDATION

Perhatian! Blog ini bukan website resmi Yayasan Suryakanti, tetapi hanya blog yang ingin turut memperkenalkan Yayasan Suryakanti.  Anda dapat mengunjungi website rsmi Yayasan Suryakanti di LINK INI.


Yayasan Suryakanti (Suryakanti berasal dari bahasa Sanksekerta yang berarti "dalam kegelapan masih ada seberkas cahaya harapan") didirikan tahun 1984 oleh sekelompok profesional, orangtua, relawan yang peduli terhadap perkembangan anak di bawah lima tahun yang dikoordinir oleh Prof. Dr. Anna Alisjahbana, dr. Sp. A(K).

Yayasan ini merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat non-profit yang bergerak dalam bidang kesehatan anak khususnya bidang deteksi dan intervensi dini pada anak-anak usia 0-5 tahun yang mengalami gangguan perkembangan atau masalah kesulitan belajar pada anak usia sekolah.  Selain itu juga menangani pemeriksaan balita yang tidak mengalami gangguan perkembangan (anak normal) guna memungkinkan orangtua menolong dan meningkatkan potensi perkembangan mereka sedini mungkin dan semaksimal mungkin.

Pada tahun 1986 Yayasan Suryakanti membuka klinik Pusat Pengembangan Potensi Anak (PUSPPA) dimana anak-anak ditangani oleh tim profesional a.l. dokter spesialis anak, THT, syaraf, psikolog, paedagog, fisioterapis, okupasi terapis, speech terapis, dan social worker yang bekerja secara interdisiplin.

Yayasan Suryakanti memiliki visi: tiap anak tanpa melihat suku bangsa, tingkat sosial dan agama mempunyai hal untuk mendapat pengasuhan dan pelayanan secara menyeluruh dan berkualitas agar tercapai tingkat kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan yang paling optimal bagi dirinya.

Misi Yayasan Suryakanti adalah:
  • Memberikan pelayanan menyeluruh (holistik) bagi tiap anak dan terutama bagi anak dengan kebutuhan khusus agar anak bisa berkembang menjadi seorang individu yang produktif, percaya diri, dan disegani masyarakat dimana ia tumbuh, tanpa melihat kelainan fisik dan mental yang mungkin dideritanya.
  • Pelayanan PUSPPA Suryakanti tidak difokuskan pada kelainan yang diderita anak, tetapi melihat seorang anak sebagai individu yang utuh dengan segala kelebihan dan kekurangannya yang bila diberikan bantuan dan kesempatan dapat mengatasi kekurangan dan mengembangkan seluruh potensinya.
  • Melibatkan orangtua sebagai mitra dan pelayanan disesuaikan secara individual dan dikembangkan atas dasar kekuatan yang ada pada anak dan keluarga, dan tidak didasarkan pada kekurangannya.
Falsafah Dan Nilai Yayasan Suryakanti:
  • Menjunjung tinggi nilai-nilai kehidupan berkeluarga dan hak seorang anak untuk mendapatkan pelayanan dan perawatan yang optimal dan sesuai dengan kebutuhannnya.
  • Mempertahankan nilai-nilai dan meningkatkan mutu pelayanan untuk kepentingan pasien.
Pelayanan yang diberikan diantaranya:
Tes Perkembangan, Tes Psikologi, Konsultasi Psikologi, Pemeriksaan Dokter Spesialis, EEG, Berbagai terapi sesuai kebutuhan anak, Pedagogi, Penanganan khusus bagi anak dengan kesulitan belajar, Berbagai pelatihan profesi di bidang deteksi dan intervensi dini.

Fasilitas yang dimiliki:
Walk-in clinic, Special kindergarten and school with pick-up and drop off service, toy library, well-equipped gymnasium, kantin, guest house untuk keluarga yang memerlukan akomodasi.

Hal-hal yang dapat dilakukan oleh Yayasan Suryakanti:
Melakukan evaluasi perkembangan anak-anak, memberikan informasi perkembangan anak-anak, treatment dan terapi, konseling untuk orangtua dan caretakers.

Jika perlu, Anda dapat datang ke Yayasan Suryakanti, dengan alamat:
Yayasan Suryakanti (Pusat Pengembangan Potensi Anak)
Jl. Ters. Cimuncang no. 9 Bandung - 40125
Phone:022-7232369
Fax: 022-7232368
e-mail: info@suryakanti.or.id

Untuk melihat peta lokasi Yayasan Suryakanti, Anda bisa KLIK DISINI.
Untuk melihat pelayanan Klinik PUSPPA Suryakanti Anda bisa KLIK DISINI.
Lihat juga Sponsoring Yayasan Suryakanti DISINI.
Bergabunglah dengan Grup Suryakanti Foundation di Facebook.


Suka dengan artikel ini?  Silahkan vote dengan mengklik icon di bawah ini.


No comments:

Post a Comment

Ooh...come on...give me your comment...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...