Virus Ranmit.Shortcut

Satu minggu belakangan ini saya dijengkelkan oleh satu virus yang benar-benar bandel.  Virus ini sulit sekali dihilangkan.  Setiap kali di repair oleh antivirus selalu muncul lagi... dan selalu muncul di falshdisk.  Nama virus ini adalah Ranmit.shortcut.

Menurut informasi yang saya peroleh setelah searching di google ... kabarnya virus ini mudah sekali menyebar melalui flashdisk.  Setelah menginfeksi komputer virus ini akan menyerang semua file yang berekstensi exe, dll dan html.  Sifatnya kira-kira sama seperti virus sality.

Saya mengetahui virus ini setelah pada flashdisk saya muncul file "copy.shortcut (1)" - "copy.shortcut (4)", dan ternyata memang virus ini menginjeksi dengan meletakan file copy shortcut 1 hingga 4. Jika flashdisk hanya sekedar dicolokan tanpa dibuka file-filenya kita tidak akan mengetahui virus ini ... tetapi jika flashdisk tersebut kita buka maka antivirus akan mendeteksi file copy shortcut 1 hingga 4.  Sebelumnya saya menggunakan Smadav versi 8.5 untuk menghapus virus ini ... tetapi selalu kembali ... itu artinya smadav tidak bisa menghapus file induk virus ini. 

Jika sudah menginfeksi satu komputer virus ini akan memanggil virus lainnya untuk masuk ke komputer tersebut ... akibatnya ... komputer kita akan menjadi sarang virus. Saya jadi teringat virus HIV/AIDS yang merusak kekebalan tubuh manusia ... yang kemudian karena kekebalan tubuhnya hilang maka si penderita akan mudah terserang penyakit lain ... bahkan mengakibatkan kematian ... jadi bukan virus HIV/AIDS yang menyebabkan seseorang menderita tetapi karena gempuran virus-virus lainnya akibat tidak adanya sistem kekebalan tubuh.  Kira-kira sama seperti itu ... virus Ranmit ini akan menginfeksi file dan membuat file baru sebesar kurang lebih 102 kb ... bisa dibayangkan akibatnya jika semua file berekstensi exe, dll dan html terinfeksi maka sebesar apa penambahan harddisk kita ... dan memang saya merasakan walaupun komputer saya tidak memiliki banyak program dan file tetapi kehilangan space dengan ukuran giga ... ditambah dengan virus-virus lain yang diundang oleh virus Ranmit ini.

Virus Ranmit yang menyerang komputer saya adalah bertipe G, jika kita hanya berusaha menghilangkan virus shortcutnya saja tanpa membunuh induknya maka akan percuma saja karena dia akan kembali lagi.


Saya coba searching dan menemukan satu web yang menjelaskan  cara menghilangkan virus ini dengan menggunakan antivirus Dr. Web Scan.  Setelah saya download file iso-nya dan saya burn ke cd saya coba membersihkan virus ini ... dan ternyata walaupun antivirus ini bekerja di sistem dos tetapi tidak bisa membersihkan virus ini.  Saya jadi tambah pusing karena waktu scannya lumayan panjang ... mencapai 2 jam lebih.

Akhirnya pilihan saya kemudian jatuh pada avast.  Saya download avast versi terbaru.  Saya instal di komputer saya ... kemudian saya colokan flahsdisk saya, ditambah memory card dari handycam.  Saya scan komputer saya melalui windows ... walaupun bisa mendeteksi semua virus tetapi tidak berhasil menghilangkannya ... avast ini minta agar melakukan boot scan ... saya turuti sarannya ... dan ... walllaaaaa .... walaupun tidak bisa merepair file yang terinfeksi tetapi melalui boot scan avast ini bisa mendelete virusnya ... saya coba semua flashdisk dan memory card saya ... bersih ... tidak ada lagi jejak virus.   
Akhirnya komputer saya kembali bersih ... walaupun ada beberapa file berekstensi exe, dll, html yang hilang tetapi sebagian besar masih aman.

Nah... itu saja yang ingin saya share mengenai virus Ranmit-G ini ... semoga bermanfaat ... kalau tidak ... kembali hanya akan memenuhi content blog saya.

Suka dengan artikel ini...??? Boleh vote dengan mengklik icon berikut... Jangan lupa komennya yah..

.

No comments:

Post a Comment

Ooh...come on...give me your comment...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...