SEO SEDERHANA UNTUK PEMULA

Want to read this in English?

Seperti yang pernah saya ulas pada posting sebelumnya, bahwa SEO tidak melulu harus dilakukan dengan tehnik-tehnik yang canggih dan tidak selalu memerlukan biaya besar.  Untuk pemula cara-cara seperti itu hanya akan membuat bingung dan terkadang menjadi frustrasi terutama karena disebabkan ketidak mengertian mengenai Searh Engine Optimization dan cara kerjanya.  Masih ada cara sederhana dan murah, sebagian lagi gratis, yang bisa kita gunakan.  Dan di internet banyak orang-orang baik yang mau memberikan ilmunya dengan cuma-cuma.  Dengan cara-cara sederhana itu saya berhasil memposisikan blog saya ini pada peringkat 10 Google untuk banyak keyword, sebagian lagi bisa menduduki posisi 1 Google.

Nah...inilah sebagian yang saya lakukan:

Setelah saya selesai membuat blog (selesai disini maksudnya termasuk konten awal, ya...buatlah paling tidak 10 artikel dulu), saya mensubmit blog saya di 3 search engine besar agar terindex dan bisa mendatangkan traffic, yaitu di Google's site submission, Yahoo's site submission, dan Microsoft Bing's site submission.  Ini maksudnya agar blog saya masuk dalam list search engine sehingga search engine seperti Google tahu bahwa blog saya ada.  Saya dapat informasi ini dari http://www.templatesblock.com.

Setelah itu saya usahakan untuk memping blog saya satu hari sekali (kalau tidak lupa dan kalau sempat).  Saya gunakan http://pingler.com dan http://pingomatic.com.

Untuk mendatangkan traffic awal saya gunakan traffic exchange...saya gunakan yang gratisan, soalnya saya kan pakai modal dengkul.... Saya menggunakan http://www.topsurfer.com.  Lumayan...sekalian mendatangkan traffic gratis sayapun bisa mendapatkan dollar di sini.

Agar orang-orang tahu bahwa blog saya ada (jadi gak cukup agar search engine saja yang tahu), saya promosikan blog saya di situs-situs iklan gratis, yang sekali submit bisa langsung masuk ke banyak situs.  Saya promosikan blog saya di http://spyonad.com, http://sebariklangratis.com, http://sebarmedia.com dan http://freeadslink.com

Untuk lebih memudahkan promosi, saya menggunakan software pengirim iklan baris masal dari suryapromo.  Dengan satu kali submit langsung ke banyak web iklan baris.  Enak...tinggal klik...langsung deh jalan sendiri.   Bayar, sih...tapi murah... dan hasilnya bagus sekaligus menghemat waktu dan tenaga saya.

Untuk menambah backlink, saya berusaha untuk rajin melakukan blogwalking.  Blogwalking itu maksudnya kita mengunjungi blog orang lain lalu kita memberikan komentar pada salah satu artikel di blog itu.  Di setiap postingan komentar biasanya selalu tersedia fasilitas untuk link ke blog kita, isi saja dengan alamat blog kita, dan berharap ada orang yang penasaran sehingga mengklik link blog kita.  Saran saya dalam hal ini, gunakan nama yang unik yang bisa mengundang rasa penasaran orang lain untuk mengklik link kita setiap kali kita memposting suatu komentar, jangan gunakan nama yang biasa-biasa saja, apalagi nama yang umum digunakan.  Untuk menambah backlink saya juga ikutan backlink MLM dan Program Sejuta Link.   Ikutan aja...gak bayar kok....

Selanjutnya saya mencari blog directory untuk mendaftarkan blog saya.  Ini juga saya cari yang gratisan.  Semakin banyak kita mendaftarkan blog kita di blog directory akan semakin bagus.  Hal itu akan lebih memudahkan search engine menemukan blog kita.  Blog directory yang saya gunakan bisa dilihat di bagian My Sponsor pada sidebar dan pada My Sponsor di bagian bawah blog ini.

Saya juga mensubmit blog saya di social bookmarking dan social networking.  Tapi saya lebih sering mensubmit blog saya di Facebook, dan setiap kali saya menulis artikel baru saya berusaha  untuk mensubmitnya di Facebook.

Untuk mempromosikan artikel saya, saya pun mensubmit beberapa artikel saya yang saya anggap lebih menarik (artikel saya yang lain pun menarik kok...) ke situs lintasberita dan infogue, atau bisa juga ke Sumblepon.

Terakhir....saya mencoba memperbanyak artikel  di blog saya, paling tidak 1 atau 2 artikel setiap minggunya.  Dan setiap kali ada penambahan artikel, langkah-langkah di atas selalu saya lakukan ulang.  Dalam membuat artikel pun ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan.  Hal ini akan saya coba ulas pada postingan berikutnya.

Nah...itulah langkah-langkah sederhana yang saya lakukan.  Sederhana ... tapi hasilnya cukup memuaskan untuk saya yang masih baru di dunia blog dan bukan master di bidang SEO.  Kuncinya adalah:  langkah apapun yang kita ambil...kita tetap harus konsisten menjalankannya, karena langkah yang paling canggih sekalipun tidak akan berhasil jika kita tidak melakukannya dengan serius dan konsisten.

Sebagai tambahan, coba keyword berikut:  pcmav ekspres for sality free, remover virus sality pcmav 2010, cara menjalankan bisnis jaringan, cara menjalankan bisnis DBS,  cara menambah hak usaha DBS, cara mendaftarkan web bayar, cara prospek di DBS, hapus virus/sality.p variant, kalau virus tidak bisa direpair avast ?, sality/p.varian, aktivasidbs, dan masih banyak lagi keyword yang menduduki halaman pertama Google pada saat tulisan ini dibuat.  

Semoga ada manfaatnya.



Suka dengan artikel ini?  Silahkan voting dengan mengklik icon berikut ini.  Terimakakasih.

 



No comments:

Post a Comment

Ooh...come on...give me your comment...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...