Bahan Alami Penyembuh Luka

Bahan Alami Penyembuh Luka


Berbagai salep dan krim dengan mudah didapatkan di apotek terdekat sebagai obat penyembuh bekas luka dan gigitan serangga. Meskipun demikian, tidak ada salahnya untuk mengenal berbagai bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita dan dapat dimanfaatkan untuk penyembuh bekas gigitan serangga maupun jenis luka lainnya.

Berikut macam-macam obat alami
Baking soda untuk menyembuhkan gigitan serangga
Baking soda adalah bahan yang lazim ditemui di dapur. Sedikit yang tahu kalau baking soda ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengobati bekas gigitan serangga. Pada baking soda, terdapat kandungan alkaline yang membantu menetralkan bekas gigitan. Untuk mengaplikasikannya, campurkan baking soda dengan air dan aduk hingga mengental dan bertekstur seperti pasta. Oleskan pasta ke bekas luka gigitan. Hal ini juga aman bagi si kecil jika si kecil yang menderita gigitan serangga.
Lidah buaya untuk bekas terbakar matahari
Tanaman yang paling tepat untuk dikembangbiakkan di halaman rumah adalah lidah buaya. Kandungan gel yang dingin dan lengket yang ada di batang-batang daunnya yang berduri sanggup meredakan gatal-gatal, radang, bengkak, dan juga rasa sakit. Kandungan kimianya membuat tanaman ini secara tidak langsung membuatnya wajib ada di halaman rumah.

Air kelapa bagi dehidrasi
Dalam sari kelapa muda, terdapat kandungan elektrolit, yang berguna untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat dehidrasi. Pada si kecil, tanda terjadinya dehidrasi adalah si kecil mulai tampak mudah lelah dan mengantuk, serta tidak buang air kecil selama beberapa lama.
Cuka apel atau bawang putih untuk telinga infeksi
Bagi si kecil yang hobi berenang, infeksi dapat dengan mudah terjadi, terutama di daerah telinga. Gunakan cuka apel yang diteteskan sebanyak empat kali sehari. Kandungan asam pada cuka apel dapat membantu meredakan radang dan infeksi dalam liang telinga. Selain dengan cuka apel, irisan-irisan bawang putih yang dihancurkan juga dapat dicampurkan dengan minyak zaitun. Panaskan dan aduk hingga menjadi cairan yang saling bercampur lalu diamkan sesaat hingga suhunya menjadi netral. Teteskan cairan campuran tersebut ke dalam telinga yang infeksi. Campuran bawang putih dan minyak zaitun punya reaksi kimia yang baik mengatasi sakit dan infeksi karena bakteri.
 
Jahe untuk penghilang mual
Bagi anggota keluarga yang kerap mengalami mual saat dalam perjalanan, ada baiknya untuk tidak lupa membawa beberapa jahe untuk ikut serta. Campurkan ke dalam teh dan minumlah dalam selang waktu beberapa jam, sebelum dan dalam perjalanan. Minuman jahe ini juga aman dikonsumsi ibu hamil yang mengalami mual muntah di trimester pertama.

Cobalah beberapa pilihan pengobatan natural di rumah. Selain lebih sehat dan bebas dari bahan kimia jahat, harganya juga relatif murah.


No comments:

Post a Comment

Ooh...come on...give me your comment...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...