SUPER EARTH

Berita ini memang berita lama...tapi karena saya baru baca...saya persepsikan ada di antara netter yang juga belum tahu berita ini...makanya saya tulis artikel ini...

Gambar: national geographic

Berita ini saya dapat di news.nationalgeographic.  Menurut situs ini sebuah planet baru yang mirip bumi dengan kandungan air telah ditemukan mengorbit sebuah bintang dengan jarak 40 tahun cahaya.  Planet ini dipercaya sebagai planet pertama yang ditemukan yang hampir sangat mirip bumi termasuk atmosfernya.  

Planet ini dinamakan  GJ 1214b, berukuran 2,7 kali ukuran bumi dan berat sekitar 6,5 kali lebih berat. Ilmuwan memperkirakan planet ini terdiri dari 3/4 air dengan bahan padat berupa besi dan nikel dan atmosfernya terdiri dari hidrogen dan helium.

David Charbonneau, dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics in Cambridge, Massachusetts, menyatakan bahwa pada dasarnya planet ini merupakan planet air yang sangat besar, tidak ada benua yang berasal dari bebatuan yang berada di permukaan air.  Selain itu suhu GJ 1214b lebih panas dibanding bumi dan atmosfernya 10 kali lebih tipis.
Super Earth ini ditemukan menggunakan MEarth project, sebuah ground-base teleskope yang didesign untuk mendeteksi perubahan cayaha dalam ukuran menit di angkasa, termasuk juga bintang merah yang dikenal sebagai M dwarfs.

Walaupun GJ 1214b tidak terlihat langsung, perubahan cahaya bintang-bintang yang menunjukan keberadaannya memungkinkan para astronom untuk menghitung ukuran dan masa planet tersebut, termasuk petunjuk mengenai komposisinya. Karena planet air sangat mirip dengan bumi, maka teleskop seperti Huble atau Kepler dapat dengan  mudah digunakan untuk mengetahui komposisi kimia yang terkandung di atmosfernya.


Yah...dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan tehnologi...mungkin suatu saat kita akan menemukan planet dengan kondisi yang mirip bumi sehingga bisa dijadikan sebagai second earth...atau menemukan kehidupan di planet lain...kira-kira seperti dalam film Star Trek....

Suka artikel ini...? Boleh vote dengan mengklik icon berikut...


.

No comments:

Post a Comment

Ooh...come on...give me your comment...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...