I/O Device Error

Beberapa hari yang lalu saya sempat kebingungan.... setiap kali saya akan menginstall program baru baik itu game maupun software lain langsung dari CD/DVD selalu gagal... tetapi kalau baca CD/DVD tidak ada masalah. 

Setiap kali akan menginstall selalu muncul peringatan yang... tepatnya saya lupa lagi ... tapi kira-kira sebagian bunyinya ..."I/O Device Error".   Waduh... saya pikir saya harus ganti DVD-Rom nya.  Tapi saya ragu karena kalau proses baca gak pernah ada masalah.

Usut punya usut ternyata peringatan itu muncul bisa disebabkan beberapa hal:
  • Windows menggunakan transfer mode yang tidak bisa digunakan oleh CD/DVD drive.
  • CD/DVD drivenya memang rusak.
  • Driver untuk device tersebut tidak kompatible.
  • Bisa juga karena masalah koneksi, mungkin juga karena kabel atau konfigurasi network.
Salah satu cara yang saya temukan ... yang langsung saya praktekkan adalah:
  • Klik "Start" button, lalu klik kanan "My Computer" dan klik "Manage".
  • Masuk ke tab "Computer Management (Local)" lalu klik "Device Manager".
  • Pada bagian kanan, cari "IDE/ATAPI controllers".
  • Cari lokasi CD drive yang dimaksud ... yang bermasalah.
  • Klik tab "Advance Setting" dan pada kolom "Transfer Mode" pilih "PIO Only" lalu klik "OK".
Kalau cara tersebut tidak berfungsi, mungkin itu disebabkan Anda salah memilih lokasi CD drive yang bermasalah tersebut.  Ganti kembali modenya menjadi "DMA if available", lalu ulang prosesnya untuk lokasi IDE yang lain.  Mungkin Anda harus mencoba semua pilihan tersebut satu demi satu hingga menemukan lokasi IDE yang bermasalah.

Biasanya dengan cara seperti itu masalah dapat terselesaikan ... setidaknya masalah yang saya hadapi bisa terselesaikan.  Coba saja....


Suka dengan artikel ini...?  Boleh vote dengan mengklik icon berikut...



No comments:

Post a Comment

Ooh...come on...give me your comment...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...