TIPS NGEBLOG

Beberapa tips ngeblog yang bisa kita dapatkan sebetulnya merupakan cara yang paling mudah untuk dimengerti dan dilaksanakan.... tentunya jika kita melaksanakannya dengan konsisten.  Jika Anda ingin membangun sebuah blog yang populer dengan niche Anda sendiri maka ada 1 hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu: Fokus.

Untuk membuat situs Anda populer tentunya dibutuhkan traffic yang cukup banyak pada blog Anda.  Dengan traffic yang banyak secara otomatis akan meningkatkan hasil pencarian Search Engine terhadap blog Anda.  Saya rasa...ini sebetulnya merupakan efek timbal balik.  Traffic yang banyak akan meningkatkan hasil pencarian Search Engine terhadap blog Anda, dan tentunya jika hasil pencarian Search Engine baik bisa mendatangkan traffic gratis bagi blog Anda.  Anda bisa lihat hubungannya?  Jadi yang perlu kita lakukan sekarang adalah bagaimana caranya agar pengunjung blog Anda mau kembali lagi mengunjungi blog Anda.

Berdasarkan pengalaman pribadi dan referensi dari beberapa blog, ada beberapa tips dasar yang dapat digunakan untuk menarik traffic ke blog Anda (yang tentunya tips-tips ini terbatas pada yang saya sampaikan disini saja...).

Usahakan Mengoptimalkan Satu Blog dulu
Banyak blogger yang sepakat bahwa fokus pada satu blog dulu memungkinkan Anda untuk dapat memiliki blog dengan kualitas dan traffic yang lebih baik.  Berganti-ganti blog sementara blog sebelumnya belum betul-betul bagus atau belum betul-betul memiliki traffic yang baik bisa membuat anda pusing atau bahkan frustrasi.  Bayangkan saja...sebelumnya Anda memiliki blog A dan berusaha mengembangkan blog ini sebaik-baiknya...Anda berusaha membuat content yang berkualitas...memaksimalkan SEO agar bisa menarik traffic ke blog Anda...tetapi hasilnya belum sesuai dengan yang Anda harapkan... karena putus asa dengan blog ini kemudian Anda membuat blog B.  Itu berarti dengan blog baru ini Anda harus melakukan semuanya dari awal lagi... dari nol lagi... sedangkan hasilnya belum tentu lebih baik dari blog pertama Anda.  Repot sekali ... alangkah lebih baiknya jika Anda fokus pada satu blog dulu dan jika blog itu sudah stabil... terserah Anda jika Anda ingin membuat blog yang lain lagi... (itu hanya sekedar saran dari saya aja lho... dipake sukur gak juga ya... gak pa-pa..)

Gunakan Situs-Situs Social Networking
Memang diperlukan waktu khusus jika Anda ingin berpartisipasi pada situs-situs seperti ini... tetapi jika Anda melakukannnya dengan sungguh-sungguh... hasilnya akan baik sekali untuk mendatangkan traffic ke blog Anda.  Tapi ... jika Anda tidak cukup punya waktu banyak untuk melakukannya... pilih saja beberapa situs social networking yang menurut Anda paling mudah untuk Anda ikuti tetapi bisa mendatangkan traffic yang banyak.

Memberikan Komentar Pada Blog Lain
Untuk meningkatkan wawasan Anda, rajin-rajinlah berkunjung ke blog lain.  Jika memungkinkan pelajari bagaimana blog itu dibuat.  Lalu buat satu komentar yang bermanfaat pada salah satu artikel di blog itu dengan mencantumkan link url ke blog Anda.  Ini bisa memberikan 2 keuntungan, backlink untuk blog Anda dan harapan ada yang mengklik url blog Anda sehingga membawa pengunjung ke blog Anda.  Usahakan membuat nickname yang unik yang bisa membuat orang lain penasaran jika Anda memberikan komentar pada blog lain... jangan menggunakan nama asli Anda... apalagi jika nama asli Anda adalah nama yang umum digunakan.

Usahakan Buat Content yang Original
Usahakan membuat content asli bikinan Anda sendiri.  Memang sih... kadang-kadang kita kehabisan ide untuk menulis content... jika sudah begini ... menurut saya tidak apa-apa jika Anda mengambil ide dari content blog lain... tetapi hanya sebatas idenya.  Ambil idenya... lalu buat sendiri isinya dengan sudut pandang dan gaya Anda sendiri.  Kalo gak bisa juga... ya... jangan dipaksa... tunggu ide itu datang sendiri.  Ini berkaitan dengan tips terakhir....  Tapi kalau memang terpaksa sekali mengcopy paste... jangan lupa mencantumkan link ke url asal, hal ini tentunya berkaitan dengan etika.

Ngebloglah Dengan Hati...
Kesannya puitis yah...?  Tapi menurut saya memang harus begitu.  Sama dengan jika kita memasak.  Kalau kita memasak dan keinginan memasak itu keluar dari hati kita hasilnya akan lebih baik (walau belum tentu enak...) dibandingkan dengan jika kita terpaksa memasak.  Jika kita ngeblog... ngebloglah dengan hati... bukan karena terpaksa.  Jika kita ngeblog dengan hati kita... kita akan berusaha semaksimal mungkin membuat blog kita menarik... kita akan selalu berusaha memberikan content-content yang berguna untuk para pengunjung kita... sehingga mereka mau kembali lagi mengunjungi blog kita.  Jadi.. ngebloglah dengan hati... jangan terpaksa ngeblog...lagian siapa sih... yang bisa memaksa kita untuk ngeblog?

Demikian sekilas info... eh .... sekilas tips ngeblog yang bisa saya berikan ... semoga bermanfaat.


Mau ikutan jualan kaos print?  Mudah dilaksanakan.  Dilakukan dengan sistem Dropshipping.  Boleh klik DISINI
Suka dengan artikel ini...?  Boleh vote dengan mengklik icon berikut...




No comments:

Post a Comment

Ooh...come on...give me your comment...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...