MEMBACKUP BLOG

Pernahkan suatu saat ada salah satu file Anda yang penting dan secara tidak sengaja terhapus?  Apa yang Anda lakukan?  Anda tentu akan merestorenya jika bisa.  Tetapi bagaimana jika ternyata file itu tidak dapat direstore?   Atau bagaimana jika file penting Anda secara tidak sengaja teredit dan tidak bisa dikembalikan seperti sebelumnya?  Jika ada kejadian-kejadian seperti itu Anda tentunya akan berpikir bahwa membackup file itu sangat penting.

Lalu bayangkan jika keadaannya seperti ini.  Anda memiliki blog ... di Blogspot ... dan blog Anda itu sudah memiliki content yang banyak serta bagus.  Ternyata suatu saat ... entah dengan alasan apa ... akun Anda diblokir oleh Google dan tidak bisa dibuka kembali, akibatnya Anda tidak bisa log in ke blogspot dan tidak bisa membuka blog Anda. Atau seperti seorang teman saya, e-mailnya dihack oleh  orang yang tidak bertanggungjawab sehingga akunnya tidak bisa dibuka. Membuat kembali blog memang tidak sulit... tapi bagaimana dengan content-contentnya...???  Kan tidak mungkin ... atau paling tidak ... tidak mudah dan  akan memakan waktu lama untuk membuat content-content lagi.  Tapi bagi Anda yang memiliki backup blog hal itu tidak terlalu menjadi masalah.

Jadi, membackup blog itu merupakan suatu keharusan bagi Anda yang memiliki blog gratisan... karena blog gratisan terbuka peluang cukup lebar akun Anda diblokir.  Oleh karena itu  bagi Anda pemilik blog di blogspot saya menyarankan Anda untuk rajin membackup blog Anda, tidak sulit kok.  Berikut panduannya.

Setelah Anda log in di blogspot (saya akan memberikan contoh dengan tampilan berbahasa Indonesia)... buka Pengaturan-Dasar.  

Pada bagian atas cari tulisan Ekspor... lalu klik, akan muncul tampilan seperti ini:
Klik UNDUH BLOG... setelah itu Anda tinggal menentukan di mana akan menyimpan file backup blog Anda... setelah itu save.   Selesai... blog Anda sudah dibackup... aman tersimpan di tempat yang Anda pilih.

Untuk merestorenya, pada bagian Pengaturan-Dasar Anda cukup klik Impor Blog... lalu akan muncul tampilan seperti ini:
Cari backup blog yang sudah dibuat sebelumnya, masukan karakter yang muncul.  Pada bagian "Terbitkan semua entri yang diimpor secara otomatis" boleh dicentang jika Anda menginginkan semua entri yang ada langsung diterbitkan begitu proses impor selesai atau biarkan kosong jika Anda bermaksud mengeditnya terlebih dahulu.  Setelah itu klik IMPOR BLOG.

Cukup mudah, bukan?  Tapi memiliki manfaat yang besar sekali bagi keberlangsungan blog Anda.


Suka dengan artikel ini...?  Boleh vote dengan mengklik icon berikut...



No comments:

Post a Comment

Ooh...come on...give me your comment...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...