MEMBUAT BLOG DI BLOGSPOT

Ada beberapa orang teman yang bertanya pada saya, “gimana sih caranya bikin blog gratisan? Susah gak? Kan asyik kalo punya blog...bisa nulis artikel...dll”. Saya bilang gak susah kalo mau bikin blog gratisan. Lalu saya jelaskan caranya sambil langsung dipraktekkan di depan komputer. Tapi karena ternyata banyak juga yang nanya, saya pikir, kenapa saya gak bikin artikel aja? Dan mereka bisa langsung lihat dari situ.

Jadi, ada 2 cara yang paling umum digunakan untuk membuat blog gratisan. Yang pertama menggunakan wordpress dan yang kedua menggunakan Blogspot. Karena saya adalah penggemar Blogspot, jadi saya akan menjelaskan cara membuat blognya menggunakan Blogspot. Saya lebih suka menggunakan Blogspot karena menurut saya Blogspot lebih ringan daripada wordpress.  Dulu saya juga sempat membuat blog menggunakan Wordpress tapi karena aksesnya lambat jadi saya tinggalkan.  Sebetulnya ada juga yang lain, seperti menggunakan CMS (Content Managemen System ) misalnya Joomla. Tapi...ah...saya lebih suka menggunakan Blogspot soalnya Blogspot sudah menyiapkan segalanya termasuk hosting dan domain....kalo pake Joomla kan harus nyari lagi buat hosting dan domainnya.

Langkah pertama, buka dulu www.blogspot.com. Kalau Anda mau Anda bisa memilih bahasa yang Anda inginkan. Karena saya adalah orang Indonesia asli makanya saya lebih suka menggunakan Bahasa Indonesia...bukan karena saya gak bisa Bahasa Inggris (emang gak begitu bagus sih...tapi b. Inggris saya juga gak jeblok-jeblok amat)...saya memilih tampilan berbahasa Indonesia.


Syarat untuk bisa menggunakan Blogspot adalah Anda harus memiliki akun di Google. Jadi, kalau Anda sudah memiliki akun Google, Anda bisa langsung masukan username dan passwordnya. Tapi kalau belum, Anda bisa langsung membuatnya di sini dengan mengklik “BUAT BLOG”.
Untuk Anda yang baru akan membuat akun di Google, setelah mengklik “BUAT BLOG”, akan muncul form isian untuk membuat akun Google.


Isi seluruh kolom. Akun yang Anda buat ini nantinya bisa Anda gunakan juga diseluruh layanan Google seperti Gmail, Google Group termasuk Google Adsense. Setelah itu klik “LANJUTKAN”. Jika muncul form seperti pada gambar berikut:


Anda harus memasukan nomor HP Anda untuk mendapatkan kode verifikasi, jadi pada saat ini  ...jangan jauh-jauh dari HP Anda...Ini gunanya untuk memverifikasi identitas Anda. Anda bisa memilih apakah menerima kode verifikasi melalui SMS (text message) atau telepon langsung dari Google...silahkan Anda pilih. Pilih country Indonesia, masukan nomor HP Anda lalu klik “Send Verification code to my mobil phone”. Tidak akan sampai 1 menit kemudian akan ada SMS (kalau Anda pilih ini) langsung ke HP Anda. Masukan kode verifikasi yang dikirim melalui SMS tadi pada form berikut:


Lalu klik “Verify”. Akun Anda sudah siap.
Jika Anda sudah memiliki akun Google, setelah Log In, akan muncul tampilan dashboard...kira-kira seperti tampilan gambar berikut:


Klik saja “Buat Blog” , lalu akan muncul tampilan berikut:


Beri nama blog Anda, ini adalah nama yang akan memudahkan Anda atau orang lain mengingat blog Anda, yang mudah saja ...biar mudah diingat...tapi yang menarik.
Setelah itu isi alamat blog Anda ... alamat blog ini adalah alamat url yang akan diketikan pada address bar browser saat akan mengunjungi blog Anda... misalkan belajarblog. Alamat blog ini usahakan sama dengan tema blog Anda...sesuai dengan nama blog Anda...sederhana...mudah diingat...mudah ditulis...tidak menggunakan spasi, tanpa tanda penghubung berupa garis atas atau garis bawah. Jika menggunakan tanda penghubung ada kemungkinan orang-orang bisa salah mengetikan nama blog Anda...karena biasanya yang paling diingat adalah namanya dan bukan cara penulisannya...bisa-bisa yang dimaksud adalah mengunjungi blog Anda tapi karena alamatnya sulit ditulis malah jadi ke blog lain. Misalkan: belajarblog dan belajar-blog...kalau diucapkan kan sama...tapi kalau diketikan di address bar browser akan memberikan hasil yang berbeda.
Setelah verifikasi kata...klik Lanjutkan. Jika kemudian muncul form Verify Your Identity...isi saja.... Kalau identitas Anda sudah diverifikasi Anda bisa pilih sebuah template awal.


Pilih saja sesuai keinginan Anda...template ini nantinya masih bisa dirubah lagi...jadi jangan khawatir tampilan blog Anda jelek karena nanti bisa Anda perbaiki dengan cara menggantinya dengan template yang disediakan Blogspot atau template lain yang disediakan pihak ketiga atau Anda buat sendiri. Setelah klik Lanjutkan, maka akan muncul:


Walaaa...blog Anda sudah jadi. Anda bisa mengubah tampilan blog Anda dengan mengklik Rancangan:


Pada tab Rancangan-Elemen Laman Anda bisa mengatur posisi gadget, menambahnya atau menguranginya. Jika Anda ingin mengubah template bawaan Blogspot klik saja Perancang Template...lalu Anda bisa pilih sesuai contoh berikut...


Kalau Anda sudah siap membuat artikel...klik saja Posting.... setelah itu Publish dan Anda bisa lihat blog Anda.  Selanjutnya Anda juga bisa membaca panduan Menulis Artikel di Blog.  Dan kalau content Anda sudah siap atau sudah dipublish Anda bisa mempelajari tehnik SEO agar blog Anda bisa tampil halaman Google.

Selamat berkreasi....


Suka dengan artikel ini...?  Boleh vote dengan mengklik icon berikut...



No comments:

Post a Comment

Ooh...come on...give me your comment...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...