MEMBASMI VIRUS SALITY

Beberapa hari ini saya dipusingkan oleh virus sality yang menjangkiti komputer saya.  Tanda-tanda bahwa komputer saya terjangkit virus sudah terlihat, yaitu:
  • Komputer saya menjadi lambat.
  • Beberapa Program tidak berjalan dengan baik, sebagian malah tidak bisa digunakan.
  • Task Manager tidak berfungsi.
  • Antivirus tidak berfungsi.
  • Terakhir.... saya tidak masuk ke windows....
Jadi...virus sality ini (yang menyerang saya adalah varian P) memang menyerang file program (yang bertipe exe.), karena file exenya diserang maka aplikasi tidak berjalan, termasuk antivirus ... karena antivirus pun berformat exe.  Saya format ulang harddisknya... virusnya kembali lagi.

Sebelumnya saya tidak menyangka bahwa komputer saya terserang virus sality.... karena antivirusnya tidak berfungsi.  Pertama saya pikir antivirusnya harus diinnstal ulang.  Tetapi setelah antivirusnya dinstall ulang tetap tidak menyelesaikan masalah.  Saya coba beberapa antivirus:
  • AVG, tidak bisa dinstal.
  • PCMAV versi terbaru... tidak berfungsi.
  • Avira... instalernya sama sekali tidak berfungsi.
Kemudian saya coba beberapa antivirus lain, dari antivirus inilah saya tahu bahwa yang menyerang komputer saya adalah virus sality/P.variant, walaupun bisa mendeteksi tapi antivirus ini tidak bisa membersihkan virusnya.  Beberapa antivirus yang saya gunakan itu adalah:
  • Smadav 2010...hanya bisa mendeteksi virus tetapi tidak bisa menghilangkannya.
  • PCMAV Ekspress for sality...bisa mendeteksi virus tetapi tidak sanggup menghilangkannya.
  • Avast... bisa menghapus virus... tapi karena saya khawatir akan merusak program jadi tidak saya gunakan.
Setelah searching saya menemukan situs ini: http://myks.wordpress.com.  Saya coba praktekan sarannya, dan ternyata... berhasil.  Tanpa harus format ulang harddisk virusnya bisa dihilangkan dan sebagian besar file yang terkena virus bisa direpair.

Ini yang saya lakukan untuk menghilangkan virus dari komputer saya:

Saya download toolsnya terlebih dahulu, ada  3 tools:
  1. Norman Malware Cleaner... bisa di download di http://download.norman.no/public/Norman_Malware_Cleaner.exe atau di http://normanasa.vo.llnwd.net/o29/public/Norman_Malware_Cleaner.exe.
  2. Symantec win.32.Sality AE.Removal Tool bisa didownload di  http://www.ziddu.com/download/3653712/FxSltyAE.rar.htm.
  3. Terakhir adalah Registry file untuk merepair safe mode, bisa didownload di http://www.eset.hk/support/tools/repairboot.zip atau di http://support.kaspersky.com/downloads/utils/sality_regkeys.zip.
 Selanjutnya matikan System Restore



Kemudian jalankan Norman Malware Cleaner.


Jika Norman Malware Cleaner tidak berjalan karena diblock oleh virusnya, langsung saja jalankan Symantec win.32.Sality.Removal Tool.


Setelah itu coba jalankan lagi Norman Malware Cleaner.

Saya mengulang langkah-langkah itu beberapa kali sampai saya yakin virusnya sudah hilang, dan hasilnya memang... virusnya sudah hilang.

Karena penasaran saya coba jalankan Smadav, PCMAV Ekspress for Sality dan Avast.  Dan memang sudah tidak terdeteksi virus lagi.

Terakhir ekstrak  Registry file yang sudah didownload  untuk merepair registry agar safe mode bisa digunakan lagi.  Pilih yang sesuai dengan OS yang digunakan , XP atau Vista.

Jadi bagi yang komputernya terkena virus sality jangan format ulang harddisk Anda karena itu tidak menyelesaikan masalah.  Sedangkan memformat ulang harddisk Anda secara keseluruhan adalah alternatif terakhir.  Komputer saya bersih dari virus tanpa harus memformat ulang harddisk.
Terimakasih untuk pemilik blog http://myks.wordpress.com karena telah berbagi pengalamannya.

Mau nambah penghasilan?  Daftar disini.  Yah...itung-itung nabung buat beli rumah kedua....

Suka dengan artikel ini?  Silahkan voting dengan mengklik icon berikut ini.  Terimakakasih.

  

3 comments:

  1. ass.
    apakah menghapus data yang terinfeksi virus tsb??
    thx b4

    ReplyDelete
  2. @Anonymus: berdasarkan apa yang saya alami, data yang saya miliki semuanya baik-baik saja, terkecuali bertype .exe, sebagian rusak ...tapi tidak banyak

    ReplyDelete

Ooh...come on...give me your comment...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...