ILMUWAN BIKIN ROBOT SERUPA GURITA ASLI


Hebat! Ilmuwan Bikin Robot Serupa Gurita Asli

INILAH.COM, Jakarta - Perkembangan teknologi robotik makin maju dan bentuknya makin beragam. Ilmuwan pun membuat robot yang diklaim sangat mirip gurita asli. Sepeti apa?

Tim Reading University di Inggris mengatakan, robot gurita ini akan digunakan untuk membantu operasional pemeliharaan bawah laut seperti, penyelamatan terumbu karang dan pengambilan benda-benda seperti black box dari pesawat jatuh.

Kebanyakan robot memiliki gerakan yang kaku. Namun, ilmuwan robot gurita ini sangat luwes. Dalam rekaman video ujicobanya, tentakel atau tangan robot ini tampak lentur membelit botol air mineral.

Tentakel robot gurita ini diciptakan tanpa menggunakan kerangka. Alhasil seperti dikutip teknorev, gerakan yang dihasilkan sangat menyerupai tentakel gurita asli. Tentakel robot ini dilapisi semacam alat penghisap untuk menghisap benda agar mendekat.

Tim mengatakan, pengembangan robot masih jauh untuk dikatakan sempurna dan butuh waktu cukup lama untuk menyelesaikannya. Tim ini terus mengembangkan dan menambah fungsi pada robot ini.

Sejauh ini, robot gurita itu tampak sangat menjanjikan untuk operasional bawah laut. Berikut videonya. [mor]


Sumber: Yahoo News


Suka dengan artikel ini...?  Boleh vote dengan mengklik icon berikut...


.

No comments:

Post a Comment

Ooh...come on...give me your comment...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...