SEPEDA DENGAN TEKNOLOGI CANGGIH

Apa jadinya jika kita punya sepeda dengan dibekali teknologi yang canggih?  Senang...?  Trus buat apa sepeda dilengkapi teknologi canggih...?  Gak tahulah... tapi produsen komputer Apple ternyata berminat untuk menerapkan teknologinya ke bidang sepeda.  Memang tidak berarti sepeda ini memakai mesin, karena kalau memakai mesin namanya berubah jadi motor... bukan lagi sepeda.  Jadi kalau di dunia telpon genggam kita mengenal telpon pintar... mungkin nanti kita akan mengenal sepeda pintar.  Mungkin nanti sepedanya akan mengayuh sendiri kali yah...  Kalau produk-produk Apple dikenal dengan nama iPhone, iPad atau iMac, bisa jadi sepeda ini bernama iCycle (?).


Kabarnya, hak intelektualitas sepeda canggih ini sedang didaftarkan oleh pihak Apple ke Departemen Paten di Amerika Serikat.

Apple menjelaskan bahwa sepeda ini nantinya bisa terkoneksi sepeda lain termasuk ketika sedang dikayuh sehingga bisa saling mengirim informasi mengenai kondisi rute yang sedang ditempuh dan saling memecahkan masalah.  Sepeda ini juga dirancang bisa memonitor kecepatan, jarak, waktu, ketinggian, ketinggian lereng, denyut jantung, jalur yang telah dilalui, irama, kecepatan angin, jalur alternatif dan kekuatan.

Apple memasukan sistem iPod dan iPhone agar sepeda dalam satu grup bisa saling berkomunikasi.  Informasi mengenai penampilan pesepeda lain anggota grup pun bisa ditampilkan.  Unit sepeda canggih ini nantinya meliputi sepeda, sensor, layar tampilan serta piranti lunak berupa iPod atau iPhone.

Gelombang GPRS, CDMA, EVDO, EDGE, 3G, DECT. IS-136/TDMA, iDen, LTE serta gelombang lainnya akan digunakan untuk konektivitas sepeda ini.  Piranti yang digunakan bisa dipasang juga di sepeda lain, sehingga ada kemungkinan Apple menjual produk terpisah dengan atau tanpa sepeda.

Apple membekali layar dengan model liquid crystal display (LCD), light emitting diode (LED) display, organic light-emitting diode (OLED) display, surface-conduction electron-emitter display (SED), carbon nanotubes, nanocrystal displays, dan masih banyak pilihan lain.

Bagaimana ... tertarik?  Mungkin juga kita nanti bisa menemukan  sepeda yang bisa mengayuh dan mengemudi sendiri...

Sumber: kompas.com


Suka dengan artikel ini...?  Boleh vote dengan mengklik icon berikut...



No comments:

Post a Comment

Ooh...come on...give me your comment...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...