10 KEBIASAAN YANG BISA MERUSAK OTAK

Hati-hati dengan kebiasaan yang suka Anda lakukan.... jangan-jangan kebiasaan Anda itu secara tidak sengaja malah bisa membuat otak Anda rusak.

Berikut daftar 10 kebiasaan yang bisa merusak otak:

  1. Tidak suka sarapan.  Orang-orang yang tidak suka sarapan akan memiliki kadar gula darah yang rendah.  Ini mengakibatkan kekurangan gizi pada otak yang bisa mengakibatkan degenerasi otak.
  2. Makan berlebihan.  Hal ini bisa mengakibatkan pengerasan pada arteri otak yang akhirnya dapat menyebabkan penurunan kondisi mental.
  3. Merokok, bisa menyebabkan penyusutan otak dan dapat menyebabkan penyakit Alzheimer, selain itu merokok juga bisa merusak paru-paru dan jantung.
  4. Konsumsi gula yang berlebihan.  Terlalu banyak mengkonsumsi gula bisa mengganggu penyerapan protein dan nutrisi yang akhirnya menyebabkan malnutrisi dan bisa menyebabkan gangguan pada perkembangan otak.
  5. Polusi udara.  Otak adalah konsumen oksigen yang paling besar dari tubuh kita.  Menghirup udara yang berpolusi bisa mengurangi pasokan oksigen ke otak yang akhirnya menyebabkan penurunan efisiensi otak.
  6. Kurang tidur.  Jangan suka begadang...tidurlah yang cukup.  Tidur memberikan otak kita kesempatan untuk beristirahat.  Kurang tidur akan mempercepat kematian sel-sel otak.
  7. Anda suka menutup kepala saat tidur?  Sebaiknya mulai sekarang jangan lakukan kebiasaan itu lagi.  Tidur dengan kepala tertutup meningkatkan konsentrasi karbondioksida dan menurunkan konsentrasi oksigen yang dapat menyebabkan efek merusak otak.
  8. Bekerja pada saat sakit.  Bekerja keras atau belajar pada saat sakit dapat menyebabkan penurunan efektivitas otak serta kerusakan otak.
  9. Kurang stimulasi pikiran.  Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih otak kita, dan kurangnya stimulasi pikiran dapat menyebabkan penyusutan otak.
  10. Jarang berbicara.  Percakapan intelektual akan mendorong efisiensi otak.  Tetapi hal ini tidak berarti bahwa Anda harus banyak berbicara... tetapi maksudnya adalah berbicara secukupnya tetapi dengan pembicaraan yang berkualitas.

Bagaimana dengan Anda?  Apakah Anda memiliki salah satu kebiasaan tersebut...?


Suka dengan artikel ini...?  Boleh vote dengan mengklik icon berikut...



No comments:

Post a Comment

Ooh...come on...give me your comment...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...