Banyak orang yang merasa ragu ketika mendengar bisnis online atau internet marketing karena terdengar begitu kompleks. Sebenarnya, jika kita mencoba mencari tahu dengan jelas mengenai cara berbisnis generasi baru ini, kita akan lihat bahwa bisnis konvensional yang dilaksanakan dengan cara-cara lama justru lebih kompleks dibandingkan dengan berbisnis secara online. Bayangkan saja, banyak yang harus kita tangani jika berbisnis dengan cara offline, mengurus inventory, memanagement pekerjaan, bahkan termasuk pemasarannya dan perijinannya.
Karena semakin banyak orang yang tahu dan yakin dengan keunggulan-keunggulan yang diberikan oleh internet, berbisnis secara online akan lebih mudah ditangani. Ini sama saja seperti jika kita memiliki bisnis sendiri, seperti bisnis pada umumnya, tetapi menggunakan internet sebagai media utamanya. Banyak bisnis yang dilaksanakan secara online ini berkembang dari hanya sekedar bisnis kecil menjadi bisnis besar. Orang-orang akhirnya banyak yang mengetahui bahwa menggunakan media internet untuk berbisnis dan melakukan internet marketing ternyata sangat efektive karena lingkup pasarnya tidak terbatas pada lingkup lokal saja, tetapi bisa lebih luas pada tataran global. Keuntungan lain yang bisa kita peroleh dari berbisnis online ini dan melakukan internet marketing adalah, kita tidak perlu memiliki investasi yang besar, dan kita juga tidak perlu mengeluarkan modal untuk memiliki toko dalam arti fisik, yaitu bangunannya. Yang perlu kita miliki jika ingin melakukan bisnis secara online ini dan mulai menjalankan internet marketing adalah, cukup memiliki komputer dan sambungan internet, soal tempat... bisa kita lakukan di rumah saja dulu.
Tetapi, sama seperti bisnis biasa, sebelum dimulai kita perlu memiliki semacam marketing plan yang akan memberi arah kemana kita akan melangkah dalam bisnis kita. Dalam membuat marketing plan, kita harus menentukan dulu, produk atau jasa apa yang akan kita tawarkan kepada orang lain. Selanjutnya adalah, jika kita sudah menentukan produk atau jasa yang akan kita tawarkan, lalu kepada siapa kita menawarkan produk atau jasa kita tersebut? Mungkin akan lebih baik juga jika kita mempelajari siapa saja yang akan menjadi competitor kita di dunia online dan apa sebetulnya yang mereka jual atau mereka tawarkan. Terakhir, kita juga harus menentukan kapan kita akan menggunakan tools tambahan sebagai media marketing jika kita sudah memulai bisnis online kita. Mengetahui hal-hal ini akan menolong kita untuk bergerak ke arah yang kita harapkan, dan tentunya juga sangat berguna sehingga kita tidak akan menyia-nyiakan waktu untuk melakukan sesuatu yang tidak jelas arahnya. Jika diperlukan, bila kita sudah melaksanakan hal-hal dasar yang saya sebutkan di atas, kita bisa meminta bantuan orang yang lebih ahli dari kita di bidang bisnis online dan internet marketing sebagai konsultan kita. Nantinya, orang ini bisa memberikan bantuan atau panduan pada kita dalam melaksanaka bisnis online kita.
Tetapi harus diingat, berbisnis apapun, secara offline maupun online, harus kita lakukan dengan sungguh-sungguh. Jika kita sudah memutuskan untuk menjalankan bisnis online dan melakukan internet marketing sebagai upaya kita untuk mendapatkan uang dan income, harus kita lakukan dengan 100% sungguh-sungguh.
Berikut adalah contoh bisnis yang riil tetapi dilakukan secara online. Relatif mudah dikerjakan, walaupun tetap harus sungguh-sungguh... namanya juga bisnis riil... bukan bisnis iseng-iseng. Silahkan lihat DISINI.
Suka dengan artikel ini...? Boleh vote dengan mengklik icon berikut...
No comments:
Post a Comment
Ooh...come on...give me your comment...